Asesmen Lapangan Akreditasi oleh LAM-PTKes pada Program Studi Keperawatan (Kampus Baturaja) Program Diploma Tiga Poltekkes Kemenkes Palembang telah dilaksanakan pada tanggal 18 Februari 2025 – 20 Februari 2025, bertempat di Kampus Keperawatan Baturaja, Poltekkes Kemenkes Palembang. Program Studi Keperawatan (Kampus Baturaja) Program Diploma Tiga merupakan Program Studi terakhir di lingkungan Poltekkes Kemenkes Palembang yang melakukan Asesmen Lapangan Akreditasi oleh LAM-PTKes.
Kegiatan ini dipimpin dan diikuti langsung oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Palembang, Bapak Muhamad Taswin, Apt., M.M., M.Kes., Wakil Direktur II, Ibu Dra. Ratnaningsih Dewi Astuti, Apt., M.Kes., Wakil Direktur III, Bapak Lukman, S.Kep., Ners., M.M., M.Kep., Kasubag ADAK, Kasubag ADUM, Ketua SPI, Kepala Pusat, Kepala Unit, Ketua Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes, Sekretaris Jurusan Keperawatan, Ketua Prodi Keperawatan Baturaja Program Diploma Tiga, Bapak Gunardi Pome S.Ag, M.Kes, para dosen, tenaga pendidikan, serta seluruh pengelola manajemen UPPS dan PS yang berperan penting dalam kelancaran kegiatan ini. Tim Asessor yang bertugas pada kegiatan ini yaitu, Ibu Dr. Maria Suryani, S.Kp., M.Kep. dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Elisabeth, Semarang (Asessor 1) dan Bapak Shobirun, MN dari Poltekkes Kemenkes Semarang (Asessor 2), untuk melakukan asesmen lapangan di Program Studi Keperawatan (Kampus Baturaja) Program Diploma Tiga sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Program Studi Keperawatan (Kampus Baturaja) Program Diploma Tiga. Pada hari pertama, kegiatan dimulai dengan pembukaan oleh Direktur Poltekkes Palembang yang dilanjutkan dengan paparan mengenai profil Poltekkes Kemenkes Palembang. Kegiatan dilanjutkan dengan paparan oleh Ketua Program Studi Keperawatan Kampus Baturaja yang memberikan informasi singkat tentang visi dan misi program studi, pelaksanaan program, fasilitas yang ada, serta prestasi yang telah diraih oleh dosen dan mahasiswa. Pada hari kedua, kegiatan dilanjutkan dengan visitasi terhadap fasilitas pendukung pendidikan, seperti perpustakaan, laboratorium, dan kelas yang dapat diakses oleh mahasiswa untuk mendukung proses pembelajaran yang lebih baik. Proses pembelajaran juga menjadi fokus penting, mulai dari penyusunan kurikulum hingga implementasi, evaluasi, dan tindaklanjutnya. Kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan dokumen serta wawancara dengan mahasiswa, tenaga pendidik, stakeholder, dan instruktur klinik (CI) di lokasi praktik. Wawancara juga dilakukan dengan alumni dan dosen Penanggung Jawab Mata Kuliah (PJMK). Pada hari ketiga, kegiatan berlanjut dengan penyusunan dan penyerahan draft Berita Acara hasil Asesmen Lapangan, diskusi antara PS dan UPPS, serta penyampaian tanggapan terhadap Berita Acara tersebut oleh PS dan UPPS. Kegiatan ini ditutup dengan penyerahan Berita Acara kepada UPPS dan PS.